Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting
Pertama Kita Sering Mendengarkan Kata Copywriting, Apa Itu Copywriting?, Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Copywriting adalah seni ilmu pengetahuan dalam memilih dan merangkai kata-kata baik tertulis dan lisan yang membuat orang melakukan tindakan yang anda inginkan. Mengubah perasaan pembaca saat mereka membacanya, Berbicara, mengajak, promosi pada calon customer secara tidak langsung
Apa Itu Blog,Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting?
Pertama, Menurut Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Blog merupakan kepanjangan dari web log yang merupakan salah satu aplikasi sederhana website. Sekarang, fungsi blog semakin meluas. Blog tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri, tetapi juga dimanfaatkan orang sebagai alat bisnis, sarana promosi diri, dan media edukasi.
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Perbedaan Blog, Blogger, Blogging dan Blogspot
Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.
Kemudian Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola dengan subdomain .blogspot.com
Blogging adalah aktifitas pengguna blog, dimana membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video, dan lain-lain.
Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger.
Apa Manfaat dan Kegunaan Blog?
- Pertama, Media ini dapat membantu seseorang belajar menjadi penulis yang baik.
- Kedua, Kita dapat menjadikannya sebagai mesin penghasil uang melalui media periklanan, jaringan afiliasi, review produk, dan lain-lain.
- Kita dapat merekam kegiatan rutin, baik kegiatan sehari-hari maupun kegiatan proyek, melalui tulisan.
- Media berbagi pendapat dan tulisan dengan orang lain.
- Media promosi untuk berjualan baik barang maupun jasa.
- Membangun jaringan baik usaha maupun jaringan pertemanan, dan lain-lain.
Apa Saja Jenis-Jenis Blog?
- Blog Pribadi
- Blog Otoritas
- Blog Niche
- Blog Perusahaan
- Blog Spam
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting Mengapa Memilih Bloger Atau Blogspot ?
- Gratis
- Mudah digunakan
- Fitur yang lengkap
- Terintegrasi oleh Google
- Jaminan Keamanan
- Dapat menggunakan domain custom
- Moneytize Blog
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Perbedaan WordPress Dengan Blogspot?
WordPress dan Blogspot adalah dua platform populer untuk membuat blog atau website. Meskipun keduanya memungkinkanmu untuk membuat konten online, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.
1. Blogspot
- Sederhana dan Gratis
- Terbatas
- Milik Google
2. Worpress
- Fleksibel dan Kuat
- Komunitas Besar
- Gratis (versi.com) atau berbayar (self-hosted)
Pembahasan Pembelajaran Tentang, CopywritingApa Itu Favicon?
Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon yaitu sebuah gambar icon yang muncul pada address bar suatu website.
Favicon sering disebut dengan shortcut icon, website icon, URL icon atau bookmark icon.
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Apa Itu Widget?
Widget merupakan sebuah konten yang berada di dalam blog selain artikel, Widget biasanya terdapat dibagian sidebar blog. Widget dapat di pindah-pindah sesuai dengan keinginan pengguna.
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting, Apa Itu PageSpeed Insight?
Google PageSpeed Insight merupakan tools gratis yang menyediakan laporan akurat dibandingkan tools yang lainnya.
Selain itu, Google PageSpeed Insight adalah tool yang resmi dirilis oleh Google sehingga indikator penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan standar Google.
Pembahasan Pembelajaran Tentang Copywriting,Apa itu Google Adsense?
Oleh Karena Itu Berdasarkan Wikipedia, bahwa AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.
Kemudian Google memperbolehkan pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya untuk memasang unit iklan dengan bentuk dan materi yang telah ditentukan melalui program periklanan AdSense.
Dengan kata lain, pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan (dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Apa Itu Copywriting pada Media Sosial?
Sosial media adalah platform terbaik yang dapat menghubungkanmu dengan segmen konsumen tertarget. Facebook, Instagram, Twitter sangat populer di Indonesia.
Apa Saja Manfaat Copywriting pada Media Sosial?
- Oleh Karena Itu Kami akan meningkatkan citra perusahaan di mata calon konsumen. Copywriting juga mampu menggambarkan nilai positif dari suatu brand perusahaan, sehingga dapat menarik konsumen.
- Kemudian Kita memahami dan mengetahui apa saja yang konsumen harapkan dari produk yang kita tawarkan.
- Selanjutnya Kami Membantu konsumen untuk mendapatkan informasi.
- Menuliskan nilai lebih dari produk anda, sehingga mempermudah konsumen yang ingin membandingkan dengan produk lain.
- Kami berhasil menarik dan membujuk konsumen untuk menggunakan atau membeli produk dan jasa kami.
Bagaimana Cara Teknik Copywriting Dengan AIDA?
Formula AIDA merupakan rangkaian struktur penulisan iklan yang diawali dari mendapatkan attention dan diakhiri dengan ajakan (persuasi) kepada audiens agar mengikuti apa yang kita inginkan.
Ini dia Beberapa Macam AIDA:
1. Attention (Headline)
Jadi buat Attention pengunjung dengan headline yang sangat penting, buat kata kepada audiens apa yang akan mereka dapat, gunakan angka, spesifik tambah gambar yang menarik.
Contoh penggunaan Attention:
- 7.7 Pesta Diskon Supermarket
- Obral Festival Diskon gede-gedean
2. Interest (Lead)
Interest adalah buat Audiens penasaran dan membaca informasi manfaat lebih jauh, buat cerita yang menarik berikan: Informasi, statistik, alasan, kondisi ideal yang akan membuat audiens tertarik.
Contoh Penggunaan Interest:
- Baju dengan brand terkenal dengan harga miring
- Mempunyai waktu lebih banyak
3. Desire (Copy)
Desire adalah buat audiens mengiinginkan manfaat yang anda tawarkan, dengan menampilkan benefit dan tambahkan batas waktu suatu yang dapat membuat efek psykologis audiens untuk mengambil keputusan misalnya hari ini, sampai jam 16.00.
Contoh Penggunaan Desire:
- Mudah berkualitas dengan harga terjangkau, Layanan 24 jam, harga hosting termurah mulai Rp 100.000.
4. Action (CTA)
Action adalah mengajak audiens untuk mendapatkan manfaat yang diinginkannya dengan tindakan.
Contoh Penggunaan CTA (Call To Action):
- Beli Sekarang
- klik disini
- Daftar sekarang
- Download
Kenapa Harus Belajar Copywriting?
Belajar copywriting akan sangat membantu Anda menulis, tidak hanya iklan, tetapi juga caption di Instagram. Oleh Karena itu Tidak semua pengguna Instagram memahami foto atau video yang ditampilkan. Mereka tetap akan membaca pada caption.
Menggunakan Copywriting Pada Whatsapp Business
Saat ini, pengguna internet Indonesia terus semakin meningkat, dan menurut Kominfo 83% pengguna internet adalah pengguna whatsapp. Kemudian Dengan banyaknya antusias masyarakat pada Whatsapp menjadi peluang yang besar bagi pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan whatsapp sebagai media bisnis.
Salah satu kunci utama bisnis melalui whatsapp yaitu melalui tulisan. Tulisan atau copywriting sangat berperan besar dan menentukan keberhasilan bisnis.
Manfaat Copywriting Pada Whatsapp Business
- Dapat menjaring banyak calon customer. Oleh Karena ItuWhatsapp memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan chat dengan penjual, baik membeli produk atau hanya bertanya mengenai produk.
- Kemudian Dapat membuat penawaran yang menarik.
- Selanjutnya Kami meyakinkan calon customer terhadap produk yang kami jual.
- Dapat menaikkan konversi penjualan.Dapat memanfaatkan Testimoni customer
Teknik-Teknik Copywiting
- Tell a Story : bereaksi terhadap cerita.
- Speak to the Reader : gunakan gaya penulisan yang menarik.
- Be Positive : gunakan gaya dan nada yang sopan dan menginspirasi.
- Harness the power of repetition : mengulangi poin-poin penting.
- Use Fact & Stats : tambahkan fakta dari orang atau sumber terpercaya.
- Organize Your Content : pembaca harus dapat melihat poin-poin penting.
- Avoid Long Paragraphs : cukup 3-4 paragraph.
- Skip the showy writing : jangan gunakan bahasa yang sulit.
- Learn on Copywriting Formula : gunakan formula AIDA.
- Ask “Yes” Questions: Ajukan pertanyaan yang jawabannya “Ya”.
- Sell the benefits : gunakan bahasa dan gambar yang menarik konsumen.
- Do long from copyright : buat link untuk menuju ke halaman website atau marketplace.
- Use power words : gunakan kata-kata yang memiliki “power”. Contohnya : “Beli Sekarang”, “Limited Edition”, “Hanya hari ini”, dan sebagainya.
- Share review & testimonials : minta testimoni dari konsumen dengan meminta mereka membuat video, gambar/foto/screenshot dan sebagainya.
- Offer Incentives : buatlah keputusan agar konsumen membeli produk anda.
- Appeal to Emotions : Buat cerita yang bikin konsumen langsung jatuh cinta dengan produkmu dari awal, dengan cara mainin emosi mereka.
- Focus on Headline : Tempatkan headline yang menarik di akhir tulisanmu.
Menggunakan Copywriting Pada Youtube
Copywriting video YouTube adalah semua merek yang dipromosikan melalui saluran YouTube yang dimaksudkan untuk mendapatkan keterlibatan besar bagi saluran dengan lalu lintas tidak terduga. Kemudian Video copywriting adalah kegiatan menulis konten untuk video yang akan diunggah ke YouTube.
Manfaat Copywriting pada Youtube
- Video youtube ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi yaitu dengan menggunakan kata kunci viral dalam judul, menuliskan sebuah sentakan dan optimisasi deskripsi video, memastikan judul video dan deskripsi sesuai dengan konten video, menggunakan tag kanan, menggunakan ajak bertindak yang tepat, menggunakan keterangan lengkap batasan karakter, menggunakan tag kata kunci, menggunakan angka dalam judul video, dan mentautkan video dengan video populer lainnya.
- Konten video di YouTube jadi semakin bernilai sejak kehadiran SEO.
- Kemudian Dengan menuliskan judul dan deskripsi yang menarik, kita dapat mencapai peringkat pencarian yang lebih tinggi. Judul dan deskripsi bisa membantu Anda dalam menghasilkan prospek.
10 Cara untuk membuat Copywriting di Youtube
- Pastikan judulnya terdiri dari 70 karakter termasuk spasi, karena jika memiliki lebih banyak karakter, karakter ini akan terpotong.
- Anda harus menuliskan setidaknya satu kata kunci yang Anda gunakan dalam judul pada deskripsi.
- Carilah frase kata kunci popular yang relevan dengan konten Anda menggunakan Google Keyword Tool.
- Jangan menyesatkan para pentong dengan judul yang Anda buat.
- Sertakan kata-kata ini dalam judul Anda : video, tutorial, ulasan, dan lain-lain.
- Biarkan judul Anda menjadi jelas, deskriptif, dan memancing rasa ingin tahu.
- Berikan ringkasan singkat tentang video dalam deskripsi.
- Deskripsi video yang singkat dan menarik haruslah menyertakan kata kunci yang juga relevan.
- Sertakan tautan ke video untuk mengarahkan lalu lintas ke situs media sosial dan video lainnya.
- Dua baris pertama dari deskripsi muncul di hasil pencarian di sebelah video. Jadi manfaatkanlah semuanya. Lima baris pertama termasuk dalam video. Tulis tautan HTML atau tautan ke penawaran gratis Anda dalam lima baris ini.
Menggunakan Copywriting Pada Email Marketing
Email marketing adalah sebuah aktivitas mengirimkan pesan komersil melalui media email kepada sekelompok orang. Oleh Karena Itu Artinya, email marketing tidak serta menawarkan produk secara membabi buta.
Di dalam email sendiri pun copywriting masih berperan penting. Jika sudah berhasil menarik perhatian audiens untuk membuka dan membaca email. Pada akhirnya, pentingnya copywriting di email marketing sama seperti pentingnya copywriting secara umum. Selanjutnya Copy yang baik akan menghasilkan profit dan ROI dengan meyakinkan audiens bahwa produk yang Anda tawarkan adalah solusi dari kebutuhan mereka.
Manfaat Copywriting pada Email Marketing
- Pertama, Pendekatan personal kepada pelanggan
- Kedua, Penyampaian informasi cepat dan praktis
- Ketiga, Lebih Hemat Biaya
- Kampanye yang efektif dan terukur
- Mengirim email sesuai kategori pelanggan
- Pesan dengan Personalisasi
- Membangun loyalitas pelanggan
- Mengoptimalkan konversi penjualan
4 Teknik Email Marketing dengan menggunakan Teknik Copywriting
- Pertama, Manfaatkan Subject Email Dengan Baik.
- Kedua, Tulis Pesan Sesingkat dan Sejelas Mungkin.
- Ketiga, Bersikap Sopan.
- Penutup atau Ending.
- Signature (Opsional)
Inilah 5 Tools Copywriting
1. Trello
Link: https://trello.com/
Oleh Karena Itu Tools ini berfungsi untuk mengorganisasikan tulisan Anda.

2. Twords
Link : https://www.spellchecker.net/misspellings/twords#
Oleh Karena Itu Tools ini berfungsi untuk membantu Anda mengecek ejaan yang salah dan dapat mencari kata-kata yang tepat.

3. 750 Words
Link: https://750words.com/
Tools ini berfungsi untuk mentracking jumlah kata yang Anda tulis yaitu 750 kata.
4. Daily Page
Link: https://www.dailypage.co/
Oleh Karena Itu Tools ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda dan membiasakan diri untuk menulis. Tools ini merupakan pilihan yang tepat.
5. Helpmewrite
Link: https://helpmewrite.co/
Tools ini dapat membantu untuk mengetahui apa respon mereka bahkan Anda dapat meminta ide dari audience. Anda hanya perlu memposting konten yang dibuat, lalu dibagikan ke berbagai media sosial.
6 Cara Membuat Konten Marketing
- Perencanaan Konten
- Buatlah Konten Yang Berkualitas
- Konten Harus Mendefinisikan Audiens Anda
- Repurpose Audiens Anda
- Promosikan dan Distribusikan Konten Anda
- Menambahkan Elemen Copy Writing
Apa Itu Research Keyword (Kata Kunci)
Keyword Research adalah suatu riset yang dapat dilakukan sebagai strategi pencarian kata kunci atau optimasi bagi mesin pencari.
Jenis-Jenis Research Keyword
1. Keyword Targetted
Keyword Targetted adalah keyword yang spesifik, Keyword ini biasanya paling efektif untuk menarik pengunjung yang benar-benar membutuhkan layanan atau produk kita.
2. Keyword Global
Keyword Global adalah Keyword umum. Persaingan untuk kata kunci global sangat ketat, sehingga toko online dengan beragam produk kesulitan mencapai posisi teratas dalam hasil pencarian.
3. Keyword Utama
Keyword Utama merupakan keyword yang diletakkan pada meta tag untuk halaman utama website, seperti halaman home.
Kemudian Gunakan keyword utama ini dengan perpaduan antara keyword global dengan keyword targeted.
4. Keyword Sekunder untuk Subhalaman
Keyword Sekunder untuk Subhalaman merupakan keyword yang anda gunakan di dalam meta tag subhalaman, seperti halaman service, halaman faq dan halaman-halaman formal lainnya.
5. Keyword untuk Artikel SEO
Poin Penting:
1. Penggunaan keyword harus relevan dengan isi dari artikel.
Catatan: penggunaan keyword masih berkaitan dengan isi website di dalam keyword sekunder untuk halaman dan artikel SEO. Kemudian gabungkan antara penggunaan Keyword Targetted dan Keyword Global untuk mendapatkan variasi keyword dalam website.
Tools-Tools Research Keyword
Berikut ini tools-tools untuk Research Keyword:
- Pertama, Google Trends : tools yang disediakan oleh Google untuk menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan.
- Kedua, Ubersuggest : memberikan data dari Google dan mesin pencari yang lainnya lewat kata kunci pertama.
- Ketiga, Keyword Tool : Keyword Tool ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sifatnya user friendly.
- Keempat, Wordtracker : salah satu situs yang berfungsi untuk melihat popularitas sebuah keywords. 5. WordStream : menyediakan kata kunci lebih beragam bagi kata kunci Anda yang panjang apabila dibandingkan dengan Keyword Planner dari Google.
baca juga : https://robil.sinauseo.web.id/2024/12/14/panduan-lengkap-teknik-copywriting-bagi-pemula/